“When you love someone Just be brave to say that you want him to be with you.” (Song by Endah n Rhesa)

Siapa yang enggak kenal dengan Mbak Endah dengan suara khasnya dan lirik-lirik lagu Endah n Rhesa yang selalu berhasil bikin kita bersenandung bahkan terlanjur baper. Endah n Rhesa semakin khas dengan kolaborasi suami istri yang merintis karirnya dari bawah bersama.

Hal yang aku selalu ingat dari Mbak Endah adalah keramahannya saat pertama kali kita bertemu untuk melakukan wawancara Kala Journal. Mbak Endah adalah wanita yang dari matanya terpancar kebahagiaan dan rasa syukur akan hidupnya. Terlepas dari semua masalah yang pasti ada disetiap kehidupan manusia, Mbak Endah tau caranya bahagia dan berhasil bikin semua yang disekitarnya ikut terbawa suasana senang. Kita melakukan wawancara di Ear House, sebuah kafe bikinan Mbak Endah dan Mas Rhesa yang bersedia mewadahi semua seniman musik untuk bermusik.

Bagi kita sendiri, sosok Mbak Endah dapat menggambarkan dua sisi cerita inspiratif, pertama bagaimana seorang wanita berhasil memilih untuk berkarya didunia musik dan bagaimana sepasang sejoli dapat berkerjasama didunia pekerjaan dan menjalankannya dengan harmonis. Bertemu di sebuah band saat lulus SMA, Mbak Endah dan Mas Rhesa menjalin hubungan asmara hingga sebuah keputusan penting harus di ambil oleh keduanya.

“Aku harus pastiin dulu, nantinya kita akan seperti apa. Enggak pernah kebayang, aku nyanyi when you love someone tapi manggungnya sama mantan. Jadi sebelum album pertama keluar, kita sudah pastiin hubungan kita dulu sebelum semuanya semakin jauh”.

Endah n Rhesa merintis album pertama dengan modal kamar yang berisikan kasur sebagai peredam suara ruangan dan lemari untuk merekam suara Mbak Endah hingga mencetak album di toko undangan pernikahan. Hingga sekarang Endah n Rhesa tumbuh dengan aliran musiknya yang tetep akan konsisten dengan sekian perubahan tren musik yang terjadi di Indonesia. Tidak tanpa perdebatan, ada sebuah kejadian yang membuat pasangan ini akhirnya memiliki tombol switch on/off yang membuat mereka hingga kini tetap profesional dan harmonis.

Mengenal musik dari kecil, membuat Mbak Endah memahami musik dari sejarahnya hingga berbagai jenis musiknya. Memutuskan untuk mengampu pendidikan musik saat di perguruan tinggi. Mbak Endah dan begitu juga Mas Rhesa mendapatkan dukungan penuh oleh keluarga mereka. Kerennya, mereka berhasil membuktikan, bahwa musik sudah seperti hal yang terbaur dalam rumah tangga mereka dan mampu menjadi mata pencaharian keluarga mereka.

Detail cerita inspiratif Mbak Endah menghadapi quarter life crisis ada di channel youtube kami.


Ziana Walidah
Co-Producer Kalajournal.com

Kalajournal.com with Endah Widiastuti – Musisi Endah n Rhesa

Kalajournal.com with Endah Widiastuti – Musisi Endah n Rhesa

Kalajournal.com with Endah Widiastuti – Musisi Endah n Rhesa

Kalajournal.com with Endah Widiastuti – Musisi Endah n Rhesa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *