Jujur, usia 20 tahun lebih mendebarkan bagiku dibandingkan 17 tahun yang biasa di tunggu oleh para remaja. Di usia 20 tahun, mulai timbul kesadaran akan banyak pertimbangan dalam hidup ini, banyak target yang ingin ku capai disana, jika meruntut dari peta hidup yang pernah ku rancang dulu.

Di usia 20-an, aku akan lulus kuliah, bekerja dan menikah. 3 titik besar yang di awal usia 20 tahun tak terbayang akan seperti apa. Skripsi masih menyeramkan bagiku, belum ada bayangan bekerja di dunia farmasi akan seperti apa dan jodoh pun belum menunjukkan tanda-tanda keberadaannya.

Saat itu, hal yang dominan menguasai otakku adalah bekerja dan rumah tangga. Mau jodoh nya siapa, yang harus aku putuskan sendiri adalah apakah aku mau menjadi wanita karir atau memilih menemani anak dan suami di rumah.

Berbagai cerita inspiratif dari wanita-wanita sukses aku cari, bagaimana sudut pandang mereka sebagai wanita karir, dan apa kabar anak-anak mereka. Sebagai seorang gadis yang tumbuh di temani 24 jam oleh ibunya, ada kecenderungan bagiku untuk memberikan hal yang sama bagi anak-anakku kelak. Namun disisi lain, ada tanggung jawab moral terkait Pendidikan perguruan tinggi yang sedang kutempuh. Mau dikemanakan ilmu yang sudah ku pelajari 5 tahun ini.

Beberapa cerita inspiratif dan buku seperti lean in ku baca, demi meyakinkan pilihan yang akan ku ambil. Tapi, semua itu ku rasa belum cukup. Hingga adanya KALA memberikanku harapan, untuk belajar lebih banyak dari cerita inspiratif para tokoh yang ada, bagaimana mereka mengambil keputusannya, hingga bisa menjalani kehidupan indahnya.
Hingga di usia pertengahan 20-an tahun ini, tak terasa, 2 titik besar yang ku takuti di awal 20an telah terlewati. Aku sudah menyandang gelar apoteker dan lulus ditemani suami yang selalu mendukungku. Terkait pekerjaan, ada keputusan yang telah aku ambil dengan pertimbangan keluarga dan belajar dari cerita inspiratif tokoh-tokoh yang sudah ku temui.

Satu hal yang ku sadari, tidak ada ilmu yang sia-sia, dan saat kita merasa takut dalam menghadapi masalah-masalah yang timbul. Percayalah, merekalah yang akan membuatmu semakin kuat kelak.

Ziana Walidah
Co-Producer Kalajournal.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *