Kadang, mengambil keputusan untuk mengikuti keinginan dan menjadi kaum minoritas di sebuah bidang membutuhkan keberanian yang besar. Tak jarang, keputusan itu berakhir dengan terus menjadi golongan minoritas, tapi tentu saja ada yang berhasil menunjukkan bahwa dia bisa menjadi golongan terbaik walau dia berasal dari minoritas.

Mbak Alamanda Shantika contohnya, wanita yang dulunya merupakan —- gojek menjadi salah satu yang terbaik dibidang programmer, dimana kebanyakan yang memiliki konsentrasi di bidang tersebut adalah seorang laki-laki. Mendapatkan kebebasan untuk memilih bidang yang dia suka, Mbak Alamanda adalah cerminan tokoh inspiratif bagi kita sebagai wanita, bagaimana kita bisa hidup mandiri dan meraih sukses dengan jerih payah yang kita perjuangkan.

Banyak cerita inspiratif yang aku dapat saat bertemu beliau untuk melakukan wawancara. Apa saja yang Ia raih sekarang bukanlah jalan mulus tanpa terjal, banyak perjuangan yang harus dilakukan, dari menjual DVD bajakan hingga mengais serpihan uang receh untuk dapat bertahan hidup.

Ada sebuah insight yang aku dapat saat bertemu dengan Mbak Alamanda. Baginya tujuan utama harus satu, tapi jalan menuju kesana bisa lewat apa saja. Bercita-cita menjadi menteri pendidikan, dulunya Mbak Ala membayangkan perjalanan hidupnya akan mulus untuk terus berada di bidang akademik, menjadi doktor kemudian professor. Namun, jalan lainlah yang harus terjalani.

Wanita yang mengampu 3 pendidikan pada saat S1 ini akhirnya dipaparkan dengan pekerjaan yang harus dia ambil untuk bertahan hidup. Tanpa melupakan tujuannya, dia mengikuti jalan yang ada dan berjuang terbaik disana. Tanpa disadari setelah semua terlewati, dia sekarang bukan akan menjadi dosen, namun justru mengajar untuk para dosen. Mbak Ala mengajarkanku bahwa, tidak ada yang tidak mungkin, dan jalan yang dipilih pasti memiliki konsekuensi. Tapi satu hal, kita tidak boleh melupakan tujuan utama yang ingin kita capai di ujung perjuangan.

Ziana Walidah

Co-producer KALA Journal

Kalajournal.com with Alamanda Shantika – Former Vice President Gojek

Kalajournal.com with Alamanda Shantika – Former Vice President Gojek

Kalajournal.com with Alamanda Shantika – Former Vice President Gojek

Kalajournal.com with Alamanda Shantika – Former Vice President Gojek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *