Jika kamu adalah orang yang sudah berhasil memiliki tabungan dan dapat mengelolanya dengan baik. SELAMAT, kamu memiliki satu modal penting dalam bertahan hidup. Tapi bagi yang belum atau masih terheran-heran bagaimana teman teman kita bisa melakukannya, SEMANGAT, karena akupun masuk didalamnya.

Mengelola uang adalah salah satu kunci agar generasi penerus kita tetap bertahan, atau setidaknya kita bisa bertahan hingga tua nanti. Banyak buku yang dapat memberikan kita pembelajaran bagaimana caranya saving money dan menjaganya dari godaan online shop yang makin banyak promo makin banyak hal tidak penting yang ingin kita beli.

Salah satu buku yang pernah aku baca, dan menurutku dia cukup sederhana untuk mempersiapkan kita, kaum awam yang baru mau belajar mengelola uang jajan atau gaji pertama kita adalah buku “kece tanpa kere”. Buku ini menamai gerakannya dengan #sayanguangnya dimana kita akan diajarkan memilah, mana hal-hal yang kita butuhkan dan harus dibayar dan mana hal-hal yang hanya godaan untuk menunjukkan eksistensi diri.
Semakin kita memiliki banyak uang, tanpa disadari kita jadi ingin meningkatkan kelas kita, padahal kadang kita tidak perlu melakukannya.

Dengan metode contoh cerita yang simple dan table-table yang disediakan untuk merenungkan cara kita mengelola uang. Buku ini menjadi deretan buku yang harus kamu baca, sebelum gajimu ludes untuk hal-hal yang sebenernya tidak harus kamu lakukan. Jangan lupa, sebelum belanja, ingat #sayanguangnya.

Ziana Walidah
Co-producer KALA Journal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *